Thursday, July 16, 2015

THANKS #TravelNBlog3 !


PING!

Tanda ada BBM masuk, beberapa saat kemudian menyusul tulisan Picture Received.
Setelah dibuka ternyata gambar sebuah e-pamphlet dengan tulisan besar #TravelNBlog3. Apa sih itu?
Biar gak penasaran akhirnya saya tanya aja sama yang ngirim gambar yang tak lain adalah si Ega, pacar saya sendiri.

“Ikut yuk, mumpung di Semarang tuh, kan deket.”, kata dia.
“Gak ah, kamu aja yang ikut, aku kan kerja. Tanggalnya juga pas masih hari kerja.”, jawab saya.
“Ijin sehari aja gak apa-apa kan, bilang aja mau workshop kan bisa buat nambah ilmu. Pembicaranya keren-keren lho.”, imbuhnya.

Dalam batin saya, “ih maksa banget sih nih anak” mentang-mentang masih mahasiswa yang belum mikir kerjaan. Akhirnya setelah dibujuk rayu dengan segala cara, saya mau mengikuti ajakannya dengan pertimbangan ijin tidak masuk kerja sehari (hari Sabtu kantor saya masih masuk kerja) demi mendapatkan tambahan ilmu.

Kami berdua memang sedang “merintis” blog baru kami bertema traveling yang baru berumur satu tahun 3 bulan. Ceritanya satu blog buat berdua gitu dengan sistem rolling. Maksudnya, misal kalo saya kebagian nulis, si Ega kebagian buat koreksi dan edit. Begitu juga sebaliknya. Makanya blog kami posted by-nya bisa berubah-ubah, bisa saya bisa juga dia. Itu yang kadang bikin agak hmm gimana ya, mungkin pembaca gak liat siapa yang nulis karena dikira satu orang aja penulisnya. Jadi pernah tulisan saya dikira tulisan si Ega, hiks sedih rasanya. Tapi gak apa-apa deh, namanya juga blog kami berdua.

Singkat cerita, akhirnya kami mendaftar #TravelNBlog3 dan berangkat ke Semarang. Berhubung acara #TravelNBlog3 diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, jadi kami berangkat pada hari Jumat siang. Ega berangkat dari Solo ke Purwodadi untuk menjemput saya terlebih dahulu, baru kemudian kami bersama-sama ke Semarang.

Thanks for material in #TravelNBlog3


Dua hari ikut acara #TravelNBlog3 saya mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan teman-teman baru. Peserta berjumlah 30 orang ditambah dengan panitia-panitia yang sudah expert di bidang travel blogger seperti mas Arif Rahman, mas Ary Mozta, mas Wira, mas Fahmi, mbak Mumun, ibupenyu (mbak Vindhya), mbak Firsta, mbak Lucia Nancy, mbak Vira, yang biasanya cuma mengikuti celotehannya di medsos, tapi kali ini saya bertemu langsung dengan mereka. Halo mas dan mbak, salam kenal ya.

Materi yang disampaikan oleh 5 pembicara yang juga merangkap sebagai panitia acara, membantu kami untuk lebih bisa menyempurnakan tulisan dan tampilan blog kami. Dimulai dari pembicara pertama, mas Ary Mozta, Constructing Travel Blog yang ngebahas soal gimana buat tampilan blog jadi semakin #NendangBokong. Dari materi ini, sekarang tampilan blog kami sudah berubah jadi semakin simpel.

Mas Ary Mozta sedang menjelaskan tampilan blog biar bisa #NendangBokong

Kedua, materi Crafting Your Story dari mas Arif Rahman tentang gimana cara bikin alur tulisan biar semakin menarik dan bisa punya daya jual. Ketiga, materi Photo for Travel Blog dari mas Wira. Pada materi ini dijelasin gimana caranya biar dapat spot dan angel yang bagus buat fotografi dan cara memasang foto di blog (ukuran, warna, dll). Tapi sayangnya, kami belum punya kamera sendiri, masih mengandalkan kamera dari smartphone.

Mas Arif memberikan wejangannya sebagai serious travel blogger

Mas Wira dengan hasil jepretnya yang keren-keren...

Selanjutnya, Managing Your Travel Blog oleh mbak Firsta yang ngejelasin kalo travel blogger itu sebaiknya konsisten dalam menulis blog-nya. Dia juga ngasih tips biar blog kita bisa dikenal orang yaitu dengan cara blog walking. Terakhir, Social Media to Boost Your Blog oleh mbak Lucia Nancy yang intinya gunakan media sosial untuk mempromosikan blog kita dan jangan malas untuk promosi.

Meskipun materinya banyak dan terkesan padat tapi tetep asik!
Thanks #TravelNBlog3!

Thanks for invited me to visited to Lawang Sewu for the first time


Nah! Ini nih yang bikin tambah semangat buat ikut acara #TravelNBlog3. Selain workshop, yang mungkin buat sebagian orang bisa membosankan, #TravelNBlog3 ada jalan-jalannya juga! Eh, ya harus dong ya, namanya aja workshop buat travel blogger ya wajib ada jalan-jalannya dong. Berhubung acaranya diadakan di Semarang, jadi mainnya ke Lawang Sewu, salah satu icon penting di Semarang. Lawang Sewu merupakan saksi bisu kejayaan masa lalu. Gedung tua yang beraksitektur Belanda ini, dulunya dijadikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api (trem) pada jaman penjajahan Belanda.

Dan ini adalah pertama kalinya saya masuk kesana! Kasian ya? Gak juga ah, biasa kan orang sibuk, hahaha. Beberapa kali sempat lewat waktu berkunjung ke Semarang, tapi baru kali ini diberi kesempatan masuk dan menjelajahi isinya. Kayaknya saya harus mengucapkan terima kasih kepada panitia #TravelNBlog3. Makasih ya mas dan mbak udah dibawa masuk ke Lawang Sewu.

Helooow Lawang Sewu....

Main-mainnya gak cuma di satu tempat aja lho. Di hari kedua kami semua berkeliling Kota Lama dengan menggunakan bis Semarjawi. Rasanya asik jadi pusat perhatian di jalan.
Thanks #TravelNBlog3!

Thanks for the quality time for us


Terlepas dari keseruan acara #TravelNBlog3, saya mau sedikit curhat nih. Semenjak saya menjadi mantan mahasiswa dan mulai bekerja, saya dan Ega mulai jarang main bareng lagi. Bukan karena malas atau gak ada duit, tapi memang waktu yang mulai terbatas. Ega lagi berusaha nyelesein skripsinya yang dikerjakan dengan santai (kapan lulusnya?), sedangkan saya lagi sibuk kerja. Eh, tapi selain itu juga adanya jarak diantara kita, yaelah dramatis amat.

Ehem.......

Dengan ikut #TravelNBlog3, kami jadi bisa main bareng lagi (meskipun pake acara gak masuk kerja). Bisa aja kami berdua main sendiri tanpa ikut acara ini tapi ya harus nunggu saya libur dulu. Makanya Ega maksa saya buat ikutan #TravelNBlog3. Untungnya apa yang saya dapatkan sesuai dengan pengorbanan saya, lebay dikit boleh lah. Adanya #TravelNBlog3 suasana main kami jadi berbeda, biasanya cuma berdua tapi kali ini rame banget!
Sekali lagi thanks #TravelNBlog3!

Foto bareng panitia dan peserta #TnB3 di Lawang Sewu. Photo by Arif Rahman.

Uuuuuu....wefie di Taman Sri Gunting, tampak Gereja Blenduk. Photo by Arif Rahman.

Gimana, asik kan acara #TravelNBlog3?

Buat kalian yang kotanya kedatangan acara #TravelNBlog, jangan ragu buat ikutan acara ini. Gak perlu jadi travel blogger yang hebat dan terkenal buat ikutan karena disana kalian akan mendapat ilmu, pengalaman, teman, dan hadiah keren. Hal-hal itulah yang akan memberikan kesempatan bagi kalian yang ingin menjadi travel blogger hebat dan terkenal.
Dimana acara #TravelNBlog 4, 5, 6,…dan seterusnya akan diadakan? Silahkan follow @TravelNBlogID untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai acara #TravelNBlog dan lomba-lomba menulis dengan hadiah yang sangat menarik.

4 comments:

  1. Replies
    1. Wah pengen banget mas. Tapi gak ada waktunya dan Jakarta lumayan jauh juga :D
      Next TravelNBlog deh semoga bisa ikutan lagi.

      Delete
  2. Replies
    1. Iya seru bangeeet!
      Kurang Mas Cumi :D

      Delete