Sunday, April 5, 2015

SEMARJAWI, SI PUSAT PERHATIAN

Pernahkah kalian melihat perayaan kemenangan sebuah tim kejuaraan sepakbola? Atau kalian pernah melihat artis yang sedang konvoi di jalanan naik mobil dengan atap terbuka?

Pada umumnya, sebuah tim sepakbola ataupun olahraga lainnya yang memenangkan suatu kejuaraan akan melakukan konvoi di kota asal dengan menggunakan kendaraan atap terbuka dan membawa piala sebagai tanda kemenangan. Kemudian masyarakat akan memenuhi jalanan untuk mengiringi konvoi tersebut, bersorak gembira, sembari melihat “pahlawan” mereka mengangkat pialanya. Sedangkan jika yang melakukan konvoi tersebut adalah artis, pasti mata kalian akan tertuju pada obyek dimana artis tersebut berkonvoi ria. Tak peduli kegiatan apa yang sedang dilakukan, kalian akan menyempatkan waktu walaupun hanya satu detik untuk melihatnya.

Dua hal diatas memiliki satu persamaan, yaitu sama-sama menjadi pusat perhatian orang-orang di jalan. Mungkin salah satu dari kalian yang membaca tulisan ini, punya keinginan untuk menjadi pusat perhatian atau paling tidak ingin tahu bagaimana rasanya menjadi pusat perhatian. Tidak harus menjadi atlet sepakbola atau artis kok. Mau tau caranya?

Semarjawi Semarang
Si penarik perhatian, Semarjawi

Bagi kalian yang berada di Semarang atau sedang main ke Semarang, sempatkanlah untuk naik bis Semarjawi yang sedang booming di Semarang. Semarjawi adalah bis trem atau bis pariwisata bertingkat dari PT Telekomunikasi Selular untuk warga Semarang guna meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Semarang. Tujuan Semarjawi sendiri adalah memberikan pendidikan mengenai sejarah Kota Semarang kepada penumpang bis ini. Semarjawi memiliki desain yang unik seperti trem yang ada di Eropa dan memiliki daya tampung dari 25 sampai 40 orang. Sampai pada saat ini, jumlah bis Semarjawi di Kota Semarang hanya ada satu! Namun akan ditambah lagi nantinya seiring dengan meningkatnya kunjungan pariwisata di kota tersebut.

Semarjawi memulai perjalanan dari Taman Sri Gunting yang terletak di kawasan Kota Lama. Bis akan menelusuri Jl. Pemuda hingga Tugu Muda dan kembali menuju kawasan Kota Lama. Kemudian kita akan diajak berkeliling kawasan Kota Lama yang terkenal dengan bangunan-bangunan kuno dan tua tetapi membuat kagum siapapun yang melihatnya. Mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan arsitektur bangunan yang indah khas zaman kolonial.

Semarjawi Semarang
Ini dia si Semarjawi, kece kan?

Selama perjalanan, Semarjawi akan menjadi perhatian bagi orang-orang yang melihatnya. Bagaimana tidak, dengan warna merah menyala dan bentuk yang unik membuat siapapun yang melihat akan langsung mengarahkan matanya ke arah bis ini. Kita cukup duduk diam saja dan akan menjadi pusat perhatian. Jika ingin lebih puas menjadi seperti atlet juara atau artis, duduklah di bagian atas atau lantai dua. Kemudian berinteraksilah dengan orang-orang yang melihat ke arah kita, seperti melambaikan tangan atau menyapa. Warga Semarang ramah-ramah kok jadi gak usah khawatir dicuekin asal tetap sopan.

Duduk di bagian atas memiliki keuntungan dapat menikmati pemandangan sekeliling kota dengan lebih puas dan menarik tetapi juga memiliki kerugian yaitu langsung terkena panasnya matahari Kota Semarang  yang panas sekali! Jangan protes ya kalo nanti kulit jadi sedikit menghitam. Semua butuh pengorbanan, hehe.

Semarjawi Semarang
Diatas rame! karena memang diatas lebih muat banyak, hehe

Oh iya, selama perjalanan kita juga harus berhati-hati, terutama yang duduk di bagian atas, karena banyak kabel yang melintang dan ranting pepohonan yang rimbun. Jadi jangan sampai terlena karena senang jadi lupa keselamatan. Selain berkeliling melihat bangunan-bangunan tua, kita juga akan mendapat pengetahuan tentang sejarah Kota Lama dari guide bis Semarjawi. Enak kan, sambil jalan-jalan dapat ilmu pula. Cukup membayar Rp 10.000 (weekdays) atau Rp 15.000 (weekend) untuk mencoba Semarjawi selama kurang lebih 40 menit, kita akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, pemandangan yang indah, dan menjadi pusat perhatian.

Ayo serbu Semarjawi!


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blog Competition #TravelNBlog 3" yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID

No comments:

Post a Comment