Sunday, March 29, 2015

KOTA LAMA SEMARANG SEKARANG

Gereja Blenduk, salah satu icon di Kota Lama

Bangunan lama yang kotor dan usang bahkan ditumbuhi tumbuhan liar kini perlahan di renovasi dan digunakan kembali. Taman dibangun agar orang-orang dapat berkumpul dan bersantai bersama teman atau keluarga. Tidak hanya taman, bahkan ada rumah makan, cafe, dan tempat hiburan lainnya yang perlahan muncul untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat ini.

Kota Lama Semarang yang berisi bangunan-bangunan tua dangan arsitektur yang menawan ini, dahulu kebanyakan bangunan-banguanan tersebut digunakan untuk gedung perkantoran, pabrik, pertokoan dan yang berhubungan dengan perdagangan karena memang sejarahnya merupakan daerah pusat perdagangan. Sehingga mungkin menjadi kurang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat ini, kecuali bagi yang memang suka dengan arsitektur atau bangunan-bangunan tua.

Bangunan Kantor Pos Besar di Kota Lama Semarang yang sudah berdiri lebih dari 1 abad

Tapi sekarang, Kota Lama Semarang perlahan mulai diberi perhatian oleh pemerintah kota Semarang. Salah satu faktor dan mungkin faktor utama Kota Semarang mulai berbenah secara keseluruhan adalah karena UNESCO. Ya, Semarang sedang berjuang untuk mendapatkan status World Heritage Cities dari UNESCO. Rencananya Kota Semarang akan mendapatkan status sebagai World Heritage Cities pada tahun 2020. Angka yang bagus kan? semoga akan membawa kebaikan dan keberuntungan untuk Kota Semarang. Amiin...

Tidak hanya Kota Lama saja yang dibenahi, seluruh tempat yang berpotensi di Kota Semarang pun ikut dibenahi satu per satu. Hanya saja mungkin Kota Lama merupakan tempat yang paling berpotensi dan penting sehingga mendapat lebih banyak perhatian dari tempat-tempat yang lain. Di daerah Kota Lama bangunan-bangunan mulai diperbaik dan di cat ulang, tempat-tempat hiburan dibuka dan adanya bis Semarjawi untuk mengantar masyarakat dan wisatawan berkeliling Kota Lama Semarang. Semua itu juga dilakukan untuk menjaga aset negara dan meningkatkan pariwisata Kota Semarang.

SEMARJAWI, bis pengantar buat yang mau keliling Kota Lama

Untuk letaknya, Kota Lama dapat dibilang merupakan tempat yang strategis baik untuk pusat perdagangan dan sebagai tempat wisata di Kota Semarang. Dekat dengan Stasiun Tawang dan Pelabuhan Tanjung Emas merupakan nilai tambah yang sangat besar bagi kantor-kantor yang berada di daerah Kota Lama. Sedangkan bagi wisatawan, Kota Lama dekat dengan salah satu jalan protokol di Kota Semarang sehingga sangat mudah untuk dicapai. Selain itu ada pasar, tempat ibadah dan banyak tempat hiburan serta tempat-tempat untuk berkuliner disekitar daerah Kota Lama.

Kota Lama Semarang merupakan tempat yang bagus terutama dari sisi bangunan-banguan tua dengan arsitektur kuno yang menawan. Waktu yang enak untuk menelusuri Kota Lama menurut saya adalah pada pagi hari dan sore hingga malam hari, karena cuaca di Semarang sangat panas. Tempat makan dan cafe pun banyak di sekitar Kota Lama sehingga tidak perlu khawatir urusan perut dan yang terpenting adalah akses untuk menuju dan berkeliling Kota Lama Semarang sangat mudah!

2 comments:

  1. Iyaa, panasnya ngga nguatiin...belang deh muka kita abis naik semarjawi kemarin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Semarang puanase poll!
      Belang gpp deh yang penting happy dan dapet pengalaman seru jalan-jalan bareng semua di #TnB3 hehe

      Delete