Saturday, February 7, 2015

SEHARI SEMALAM DI SIUNG



Begitu banyak hamparan pantai-pantai di sepanjang garis pantai Gunung Kidul. Mulai dari pantai di sebelah barat sampai di ujung timur seperti pantai Baron, Krakal, Kukup, Drini, Indrayanti, Ngrenehan, Pok Tunggal, Siung, sampai Wediombo. Semuanya menawarkan keindahan yang sama. Pasir putih, air laut biru, dan batu karang merupakan ciri-ciri pantai selatan ini.

Siapa yang gak mau liat pemandangan kayak gini?

Namun ada satu pantai yang menjadi pantai favorit saya, yaitu pantai Siung. Pantai yang terletak di desa Tepus ini merupakan salah satu pantai yang berada di ujung timur. Meskipun sudah berkali-kali berkunjung ke Siung, saya tidak pernah merasa bosan. Selain ada pantai, Siung juga terkenal dengan arena panjat tebingnya. Dan saya sangat suka berada di atas bukit arena panjat tebing ini karena bisa melihat deburan ombak dari atas dan melihat sunset. Ada dua bukit yang bisa dinaiki untuk melihat sunset, bukit di sebelah timur dan barat.

Semburat berwarna oranye

Sudah pernah bermalam di pantai?

Api unggun gak cuma ada di perkemahan

Coba rasakan bermalam di Siung. Malam hari berapi unggun ria, esok paginya naik ke atas bukit. Kalau gak mau tidur di dalam tenda, bisa memanfaatkan penginapan yang tersedia. Tapi jangan kaget kalau penginapan disini fasilitasnya pas-pasan. Listrik masih belum tersedia secara full, setiap malam warga “penjaga” pantai hanya mengandalkan genset sebagai penunjang penerangan mereka. “Penjaga” pantai yang saya maksud disini adalah warga yang mendirikan warung di tepi pantai. Jumlah warungnya hanya sedikit dan yang buka 24 jam hanya 1 atau 2 saja. Eh tetapi ada satu lagi “penjaga” pantai di Siung ini, selain warga pemilik warung, ada si monyet juga lho.

Monyet si Penjaga Pantai

Hmm, monyetnya sedikit nakal dan galak. Tapi gak usah khawatir, monyetnya di rantai kok, jadi gak usah takut kalo dikejar.

Siung di pagi hari

Merasakan deburan ombak di pagi hari sangat menyenangkan dan sejenak bisa melupakan masalah yang ada. Setelah puas menikmati suasana pantai saatnya bermain air. Pantai di Siung termasuk kategori  pantai yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang. Keberadaan batu-batu karang yang besar membuat lebih safety jika bermain air disini. Jadi tidak usah terlalu khawatir terbawa arus, tapi juga jangan sengaja bermain ke tengah laut ya!

No comments:

Post a Comment