Thursday, May 15, 2014

BATU, THE WONDERFUL LAND OF EAST JAVA

Merugilah jika sudah berkunjung ke Malang tapi tidak ke Batu. Selain mencoba aneka kuliner dan berjalan-jalan di kawasan kota Malang, kota Batu adalah tempat lain yang wajib dikunjungi. Kota bagian dari kabupaten Malang ini dijuluki sebagai surga wisatanya Malang. Tak heran bila kota Batu berslogan “Batu Kota Wisata”. Jarak antara kota Malang dan kota Batu tidak terlalu jauh, cukup ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan motor.

Batu juga punya alun-alun sendiri lho. Di alun-alun ini terdapat replika simbol Malang, buah apel yang besarnya bisa buat gajah main bola. Ada bianglala atau kicir-kicirnya juga dan kita bisa naik untuk melihat pemandangan kota Batu dari atas alun-alun. Kalo malam hari suasananya romantis abis deh, cocok buat pasangan maupun keluarga buat menghabiskan waktu liburan disini meskipun hanya sekedar duduk-duduk santai di tempat yang sudah disediakan. Tapi di alun-alun ini menurut kami fasilitasnya termasuk lengkap, seperti toilet, tempat bermain anak (baik permainan dari perosotan sampai permainan edukasi ada), area merokok, masjid (bagi yang muslim) tinggal nyebrang aja dan banyak jajanan serta tempat makan di sekitar alun-alun. Liburan gak harus mahal meeeen, hehe.

Alun-alun Kota Batu


Ada gula ada semut, ada tempat wisata ada kulinernya juga. Di sekitar alun-alun Batu berdiri aneka jenis tempat makan. Tempat makan yang wajib dikunjungi disini adalah Pos Ketan Legenda - 1967. Pecinta kuliner pasti tahu tempat ini karena banyak banget ulasan mengenai pos ketan ini baik di media cetak ataupun elektronik. Beuh, saking terkenalnya, sewaktu kami mau mencoba pos ketan ini antrinya banyak bahkan antriannya sampai keluar dipinggir jalan, harus sabar ya kalau mau makan disini. Kalau nggak mau antri dan nggak kurang suka makan dengan suasana ramai datangnya sore pas baru buka, karena semakin malam akan semakin ramai. Gimana nggak ramai, rasa ketannya emang beda. Ketannya itu lebih pulen dan lembut, apalagi ditambah berbagai macam toping seperti keju, susu, coklat, kelapa dan duren. Dijamin makan satu nggak cukup dan buat yang nggak suka ketan, kalian harus cobain makan ketan disini! Dan saking asiknya makan sampai lupa buat foto makanannya.

Beberapa tempat wisata dapat dijumpai disini seperti Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2, Selecta, Batu Night Spectacular. Kota yang menarik bukan? Jatim Park 1 & 2 menawarkan konsep wisata sekaligus edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak. Di Jatim Park 1 pengunjung bisa belajar mengenai berbagai macam ilmu dari sejarah & budaya sampai Technology & science.


Sedangkan di Jatim Park 2 pengunjung dapat mengenal aneka flora dan fauna baik yang hidup ataupun berupa fosil, semuanya dikemas dengan sangat menarik dan pengunjung akan semakin dipuaskan dengan banyaknya wahana serta fasilitas yang telah disediakan. Jarak antara keduanya juga tidak begitu jauh, hanya sekitar 15 menit saja.



Pengunjung dapat membeli tiket paketan (beberapa tempat) yang disediakan ataupun tiket untuk satu tempat saja. Tentu saja karena mengambil paketan lebih murah, maka kami memilih tiket terusan ke semua tempat wisata tersebut (Jatim Park 1 & 2, ECO Green Park dan Batu Night Spectacular) dengan masa berlaku tiket selama dua hari.


Tips nih buat yang mau kesana, jangan bawa barang bawaan berat-berat ya, bakalan capek jalan dan gendong tas karena gak ada tempat penitipan barang kecuali mau ngeluarin uang lebih buat nyewa sepeda/scooter elektrik.

Tidak jauh dari Jatim Park 2 ada satu tempat wisata bernuansa lingkungan dan ekosistem bertaraf internasional yaitu ECO Green Park. Disini kita diperlihatkan berbagai macam lingkungan dan ekosistem (terutama Indonesia) yang didesain sedemikian rupa agar pengunjung dapat bermain dan belajar mengenai lingkungan. Satu hal yang seru saat berada di ECO Green Park yaitu kita bisa melihat gagahnya Gunung Semeru yang menjulang tinggi. What a beautiful view it is! Someday we hope we can standing in there.




Selain Jatim Park 1 & 2, ada taman rekreasi Selecta juga menjadi kawasan yang diminati karena keindahan pemandangan dan taman bunganya. Disana juga terdapat kolam renang dan jika beruntung bisa berenang sambil dihibur sama musik dangdut live lho.


Kami rekomendasikan sebelum sampai di kawasan Selecta, sempatkanlah untuk mampir mengisi perut dengan (lagi-lagi) menu bakso di warung bakso Arief. Ya karena di Batu banyak sekali penjual bakso, dari yang menggunakan gerobak keliling atau di pinggir jalan sampai yang berjualan di warung/toko bakso. Bakso Arief ini menjual bakso malang dengan aneka jenis bakso dalam satu mangkok. Sangat cocok untuk yang doyan makan seperti kami karena porsinya banyak. Tentu dengan porsi yang lebih besar akan mengeluarkan uang yang lebih besar juga, namun tak perlu khawatir karena harga masih terjangkau cukup dengan Rp 15.000,00 per porsi.

Jika malam hari tiba, tak perlu khawatir mau kemana karena ada Batu Night Spectacular. Di BNS, pengunjung bisa menikmati lampion dengan bentuk yang beraneka ragam dan tentu saja aneka permainan, wahana dan fasilitas di dalamnya.


If there is a chance, someday we will back for another amazing experience. Karena masih banyak tempat yang belum kami kunjungi dan pastinya berbagai macam tempat wisata akan terus bertambah disana. Malang memang keren! Especially Batu.

No comments:

Post a Comment